Waspada! Inilah Beberapa Tanda Jika Komputer Anda Terkena Virus!

VIRUS DETECTED!!!
Assalamualaikum, hello guys, kali ini saya akan memposting tentang tanda-tanda komputer yang terkena virus. Semua orang pasti sudah tau apa itu virus, namun ngga semua orang tau bagaimana cara menangani virus tersebut. Lebih parah lagi yang ngga tau kalo komputernya terkena virus.

Virus komputer adalah program yang dapat menggandakan diri dan menyebar dengan cara menyisipkan dirinya pada program dan data lainnya, bertujuan untuk merusak & memanipulasi sistem komputer berdasarkan perintah yang telah dibuat sebelumnya.

Langsung saja di bawah ini beberapa tanda jika komputer terkena virus.

1. Kecepatan Komputer Berkurang

Your PC is running slowly!!!
Hal ini dapat kamu sadari ketika biasanya komputer berjalan normal tetapi tiba-tiba menjadi lambat
saat sedang browsing di internet, mendownload file, membuka aplikasi, maupun mencolokkan flashdisk ke komputer.

2. Komputer Tiba-Tiba Restart dan Crash
Komputer mengalami crash

Ini salah satu tanda yang membuat kamu sangat kesal, jika kamu sedang asyik-asyiknya mengoperasikan komputer tiba-tiba mengalami crash, nge-hang, atau ke-restart sendiri.

3. Folder atau File Tiba-Tiba Jadi Banyak
Virus shortcut yang susah dihapus dengan cara manual

Ini adalah tanda jika ada virus ramnit / shortcut (biasanya pada flashdisk) yang dapat memperbanyak shortcut dari sebuah file maupun folder. Saya sering mengalami ini setelah mencolokkan flashdisk di warnet-warnet.

4. Butuh Waktu Lama Saat Membuka Aplikasi
LoLa = Loading Lama

Jika kamu hendak membuka aplikasi tetapi setelah menunggu sangat lama tidak ada respon atau aplikasi tersebut masih tidak terbuka, bisa jadi laptop / komputer kamu sudah terkena virus yang menyelinap ke dalam sistem untuk merusak komponen-komponen dari aplikasi itu.

5. Pop Up Aneh Muncul dengan Sendirinya
Muncul Pop Up Aneh

Pop up seperti ini cukup menyebalkan. Biasanya muncul saat komputer baru saja dihidupkan, terkadang menampilkan perintah untuk menginstal program, bahkan yang lebih parah yaitu menampilkan konten porno menjijikan atau konten perjudian.

6. Muncul Box Berisi Peringatan Ada Virus
Peringatan Virus

Biasanya peringatan-peringatan ini muncul dari antivirus atau langsung dari virus itu sendiri dan muncul setelah komputer baru terserang virus.

7. Flashdisk Tidak Bisa Terbuka atau Terbaca
Flashdisk

Hal ini disebabkan oleh dua kemungkinan, yaitu antara komputer kamu sudah terjangkit virus atau memang flashdisk itulah yang menyebarkan virus. Flashdisk tidak akan terbaca karena adanya virus itu sendiri.

8. Lalu Lintas Internet Seketika Membesar 
Traffic Lights

Hal ini menyebabkan kemacetan ketika kamu sedang mengakses internet, bisa jadi disebabkan oleh virus yang dapat menggunakan bandwidth untuk mengunduh data atau file yang tidak jelas. Parahnya lagi jika virus ini mencuri koneksi internet kamu.


9. Firewall dan Antivirus Tiba-Tiba Nonaktif
Firewall dan Antivirus nonaktif

Hal ini terjadi jika komputer kamu terjangkit virus atau malware yang mematikan, dengan menonaktifkan antivirus, komputer tentu jadi mudah terjangkit virus berbahaya. Oleh karena itu kamu harus cek apakah firewall dan antivirus di komputer kamu masih aktif atau tidak.

10. Muncul Tawaran Antivirus Palsu
Antivirus Palsu nih

Biasanya saat komputer terkena virus, akan ada penawaran berupa antivirus yang bisa menyembuhkan komputer kamu dari virus. Jangan pernah menginstall itu karena jika bukan antivirus terpercaya seperti Avast!, AVG, Avira, Kaspersky, dan sebagainya, itu bisa jadi antivirus palsu dan penipuan belaka.

11. Muncul Situs Aneh yang Terbuka Sendiri
Situs aneh yang terbuka sendiri

Saat membuka web browser, hal yang paling umum dilakukan adalah browsing. Pastinya kamu sering melihat situs website aneh (bukan iklan resmi) yang terbuka sendiri ketika kamu membuka suatu situs web yang kamu tuju. Hal ini bisa dicegah dengan menghapus cache browser dan menghapus ekstensi yang tidak jelas atau terlihat asing.

Kesimpulan

Yang hanya bisa kita lakukan adalah mencegah virus agar tidak menyerang komputer dengan menggunakan antivirus. Pastikan komputer kamu menggunakan antivirus yang terpercaya, karena sekarang banyak antivirus terpercaya yang gratis seperti Avast! yang sudah bertahun-tahun saya pakai di komputer saya.
Situs Resmi Avast! Free Antivirus
Jika belum punya kalian bisa download Avast! di situs resminya di bawah ini.

Download Avast Free Antivirus

Kurang lebihnya mohon maaf semoga postingan ini membantu.
Wassalamualaikum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada! Inilah Beberapa Tanda Jika Komputer Anda Terkena Virus!"

Posting Komentar