Mari Kenali Keunikan Planet-Planet Tata Surya Ini!

Assalamualaikum, hello guys, kali ini saya mau mengajak kalian mengingat kembali tentang planet-planet yang ada di sistem Tata Surya kita. Tapi sebelum itu, kalian harus tau dulu apa itu planet. Simak penjelasannya di bawah ini.

Planet-Planet Tata Surya
PLANET

Planet adalah benda langit berbentuk bulatan dan tidak bercahaya yang mengelilingi bintang (Matahari) sesuai lintasan orbit yang bersih (tidak dilewati benda langit lain di jalur orbit itu). Planet yang kita kenal sekarang hanya ada 8, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Matahari disebut bintang karena dapat memancarkan cahaya sendiri.

Ciri-ciri planet :
1. Tidak bercahaya namun memantulkan cahaya dari bintangnya (Matahari).
2. Berbentuk bulat (pipih).
3. Memiliki lintasan orbit yang jelas, bersih dan teratur.

Berdasarkan letaknya terhadap bumi, planet dikelompokkan menjadi 2, yaitu planet luar dan planet dalam. Yang termasuk planet dalam yaitu Merkurius dan Venus karena terletak di dalam orbit bumi. Sedangkan yang termasuk planet luar yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus karena berada di luar orbit bumi.

Ciri-ciri planet dalam :
1. Terbentuk dari batu dan logam.
2. Memiliki permukaan yang padat.
3. Tidak memiliki cincin.
4. Memiliki sedikit satelit.

Ciri-ciri planet luar :
1. Terbentuk dari hidrogen dan helium.
2. Memiliki cincin dan atmosfer yang tebal.
3. Mempunyai banyak satelit.

1. Merkurius (Mercury)
Mercury
Julukan : Bintang Fajar
Diameter : 4.900 km
Jarak dari matahari : 58 juta km
Suhu permukaan : -170 sampai 430°C

Planet ini merupakan planet terkecil yang paling dekat dengan matahari. Lapisan atmosfer planet ini sangat tipis sehingga pada siang hari suhu di permukaannya bisa mencapai 430°C. Saking panasnya sampai bisa melelehkan logam timah dalam beberapa detik saja. Planet ini tidak punya udara dan air, jadi tidak layak untuk jadi tempat tinggal makhluk hidup. Berdasarkan hasil pemotretan pertama dari pesawat luar angkasa Marinir 10 (1974), permukaan merkurius banyak terdapat kawah, sehingga permukaannya terlihat berlubang-lubang. Julukannya bintang fajar / senja karena terkadang dapat terlihat di langit saat matahari akan terbit maupun terbenam. Planet ini tidak memiliki satelit.

2. Venus
Venus
Julukan : Bintang Kejora
Diameter : 12.100 km
Jarak dari matahari : 108 juta km
Suhu permukaan : 450 sampai 480°C

Planet ini merupakan planet terpanas dan terdekat kedua dengan matahari setelah Merkurius. Permukaan Venus tertutup atmosfer yang tebal sehingga dapat menahan cahaya matahari yang membuat Venus kelihatan paling cerah jika dilihat dari Bumi. Atmosfernya terdiri atas gas karbondioksida, sedikit hidrogen, nitrogen, dan uap air. Suhu yang terlalu panas membuatnya tidak layak dijadikan tempat tinggal bagi makhluk hidup. Arah rotasi planet Venus searah dengan jarum jam sehingga matahari di Venus terbit dari barat dan terbenam di sebelah timur. Gravitasi di Venus sama dengan di Bumi tetapi Venus tidak memiliki satelit.

3. Bumi (Earth)
Earth
Julukan : Planet Biru
Diameter : 12.750 km
Jarak dari matahari : 150 juta km
Suhu permukaan : -90 sampai 50°C

Planet Bumi adalah satu-satunya planet yang dihuni makhluk hidup. Bumi memiliki atmosfer yang terdiri dari nitrogen, oksigen, karbondioksida, dan uap air. Atmosfer ini melindungi kita dari sinar ultraviolet dan benda-benda langit yang mendekati bumi. Atmosfer menjaga suhu bumi tetap sesuai dengan kebutuhan makhluk hidup. Permukaannya terdiri dari daratan dan perairan, 2 per 3 bumi isinya perairan, sisanya daratan. Jika dilihat dari angkasa, bumi terlihat berwarna biru dengan lapisan atmosfer putih melingkar-lingkar. Bumi memiliki satu satelit alami, yaitu Bulan. Bulan setia mengelilingi Bumi dalam peredarannya mengelilingi matahari.

4. Mars
Mars
Julukan : Planet Merah
Diameter : 6.800 km
Jarak dari matahari : 228 juta km
Suhu permukaan : -120 sampai -130°C

Mars merupakan planet keempat dari matahari. Disebut planet merah karena tampak berwarna kemerahan. Warna merah tersebut berasal dari debu yang banyak diterbangkan angin. Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis sehingga permukaannya dapat diamati dari Bumi menggunakan teropong. Berdasarkan pengamatan pesawat ruang angkasa Viking I dan Viking II, permukaan Mars berupa ribuan kawah, lembah-lembah besar, dan gunung berapi. Terdapat kawah terbesar se-Tata Surya yaitu kawah Olympus (diameter 700 km, tinggi 25 km). Permukaan Mars berupa padang pasir yang tertutup debu dan batuan padat yang berwana merah-oranye. Atmosfer di Mars terdiri dari gas karbondioksida dan nitrogen. Mars memiliki 2 buah satelit, yaitu Phobos dan Deimos.

5. Yupiter (Jupiter)
Jupiter
Julukan : Planet Raksasa
Diameter : 142.700 km
Jarak dari matahari : 778 juta km
Suhu permukaan : rata-rata -150°C

Yupiter merupakan planet terbesar dalam susunan tata surya kita. Besarnya sebelas kali besar Bumi sehingga dijuluki sebagai planet raksasa. Planet ini memiliki gaya tarik / gravitasi yang sangat besar. Jika di Bumi kamu mengangkat benda seberat 5 kg, maka di Yupiter akan menjadi 3x lebih berat dari yang di Bumi, yaitu kurang lebih menjadi 15 kg. Suhunya sangat dingin karena letaknya jauh dari matahari. Yupiter adalah planet yang berotasi sangat cepat dibanding planet-planet lain. Atmosfernya sangat tebal dan terdiri dari atas hidrogen dan helium. Nama lainnya yaitu Masturi / Respati. Yupiter memiliki 16 satelit, dengan 4 satelit terbesar yaitu Ganymede, Callisto, Europa, dan Io secara berturut-turut.

6. Saturnus (Saturn)
Saturn
Julukan : Planet Bercincin
Diameter : 120.000 km
Jarak dari matahari :  1.425 juta km
Suhu permukaan : rata-rata -190°C

Saturnus adalah planet keenam dan terbesar kedua dalam tata surya setelah Yupiter, karena ukuran Saturnus sembilan kali ukuran Bumi. Planet ini memiliki atmosfer yang sangat tebal, tersusun atas gas hidrogen dan helium serta sedikit metana dan amonia. Saturnus merupakan planet yang indah karena memiliki tiga cincin pada bagian atmosfernya. Cincin itu diperkirakan terdiri atas debu halus, kerikil kecil, dan butir-butir es yang sangat banyak. Planet itu tampak berwarna kekuningan. Saturnus memiliki 31 buah satelit dan yang paling besar adalah Titan. Titan merupakan satu-satunya satelit dalam sistem tata surya yang memiliki atmosfer.

7. Uranus
Uranus
Julukan : Petualang Misterius
Diameter : 50.800 km
Jarak dari matahari :  2.867 juta km
Suhu permukaan : rata-rata -180°C

Uranus merupakan planet ke-tujuh dalam susunan tata surya yang tampak berwana hijau kebiruan, ditemukan oleh seorang astronom Inggris bernama Sir Willian Herschel tahun 1781. Uranus diselimuti oleh awan yang tebal sehingga sulit jika diamati dari Bumi. Uranus memiliki atmosfer yang tersusun dari hidrogen, helium, dan metana. Uranus berotasi dari timur ke barat seperti Venus tetapi tidak searah jarum jam, melainkan dari atas ke bawah. Uranus berotasi dengan cepat, akibatnya bagian ekuator Uranus lebih tebal dari bagian-bagian lain. Uranus juga memiliki cincin namun tidak bisa diamati dari Bumi walaupun memakai teleskop. Planet ini memiliki 27 buah satelit, diantaranya yang berukuran besar ada 5 buah, yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon.

8. Neptunus (Neptune)
Neptune
Julukan : Si Pembuat Ulah
Diameter : 48.600 km
Jarak dari matahari :  4.486 juta km
Suhu permukaan : rata-rata -220°C

Neptunus merupakan planet terakhir dalam susunan tata surya. Planet ini pertama kali ditemukan pada tahun 1846 oleh seorang astronom Jerman bernama J. G. Galle. Neptunus hampir mirip seperti Uranus karena ukurannya yang hampir sama. Planet ini tampak berwarna kebiruan. Neptunus juga dikelilingi oleh cincin debu. Neptunus memiliki bintik hitam yang merupakan badai raksasa dan sama halnya seperti Yupiter, Saturnus dan Uranus, planet ini berupa bola gas raksasa dengan lapisan atmosfer yang tebal. Neptunus memiliki 4 cincin dan 11 satelit. Dua satelit yang paling besar adalah Triton dan Nereid.

Mengutip dari : https://augustdp.wordpress.com/planet-planet/

Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan, karena setiap waktu bisa saja terjadi perubahan informasi tentang planet-planet tersebut.

Wassalamualaikum.





Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Mari Kenali Keunikan Planet-Planet Tata Surya Ini!"