Tau Undur-Undur? - Inilah Sebab Undur-Undur Jalannya Mundur

Assalamualaikum, hello guys, di postingan yang ini saya akan mengajak kalian berkenalan dengan yang namanya Undur-Undur. Ada yang tau hewan ini? Ya, hewan ini terkenal dengan keunikannya yaitu selalu berjalan mundur. Kenapa ya? Padahal kepalanya di depan lho. Daripada bingung, mendingan simak penjelasannya di bawah ini guys.

Undur-Undur
UNDUR-UNDUR (ANTLION)

Undur-undur adalah sebutan orang Indonesia untuk kelompok serangga dari famili Myrmeleontidae (Myrmex = semut; Leon = singa), yang memiliki keunikan yaitu berjalan mundur. Di dunia ini terdapat sekitar 2.000 spesies undur-undur, dan mereka tersebar di seluruh dunia terutama wilayah yang suhunya hangat dan berpasir. Di Indonesia hewan ini sering dijumpai di tanah yang kering dan berpasir.

Disebut undur-undur karena kebiasaan hewan ini berjalan mundur saat menggali sarang jebakan di tanah untuk menjebak mangsanya.

Undur-undur berburu mangsa dengan cara membuat sarang jebakan berbentuk corong, lalu bersembunyi di tengahnya sambil menunggu ada mangsanya yang terjebak masuk ke dalam jebakan itu. Tetapi jika ada mangsa yang terjebak masuk namun masih bisa bergerak naik, undur-undur ini ngga bakal tinggal diam, dia akan melempari mangsanya dengan butiran pasir agar tergelincir.

Hewan ini sering juga dipakai untuk pengobatan yaitu sebagai obat diabetes, kolesterol, asam urat, dll.
Sarang jebakan undur-undur saat memangsa
Kalo dalam bahasa Inggris hewan ini namanya Antlion yang maknanya 'singanya para semut'. Dinamakan demikian karena kebiasaan larvanya memburu semut secara ganas dengan cara menggali jebakan di dalam tanah.

Undur-undur sebenarnya hanyalah larva* dari serangga genus Mirmeleo (semut yang antenanya berbentuk singa). Serangga ini bentuk dewasanya memiliki sayap dan bisa terbang.

*) Larva adalah bentuk muda hewan yang perkembangannya melalui metamorfosis sempurna, seperti kupu-kupu larvanya adalah ulat bulu, katak larvanya adalah berudu, dan sebagainya.


Antlion dewasa

Fase perkembangan Antlion
KENAPA JALANNYA MUNDUR?

Undur-undur memiliki sepasang kaki kecil di depan yang berguna untuk mendorong badan ke belakang, dan sepasang kaki panjang yang juga didesain untuk mendorong tubuh bagian depan untuk mundur. Ujung badannya yang runcing memudahkannya membenamkan badannya ke dalam tanah.

Jadi, undur-undur berjalan mundur karena kakinya lebih mudah untuk memundurkan badannya. Tujuannya berjalan mundur adalah agar bisa membenamkan tubuhnya ke tanah saat sedang membuat sarang jebakan, dan juga agar bisa menghadap ke atas saat menunggu mangsanya terjebak.

Itulah sebabnya mengapa tuh binatang jalannya mundur. ---wkwkwk---

Baik, sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat buat yang udah baca.
Wassalamualaikum.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tau Undur-Undur? - Inilah Sebab Undur-Undur Jalannya Mundur"

  1. Khasiat undur undur memang sudah terbukti baik secara medis maupun pengobatan tradisional. Namun sayangnya, popularitas undur undur sebagai pengobatan herbal belumlah dikenal banyak orang sebagai obat herbal yang murah dan mudah dibudidayakan. Kami jual undur undur. Informasi lebih lengkapnya. Silahkan bisa dibaca di Undur undur obat stroke

    BalasHapus
  2. Kami juga menjual undur-undur hidup, bagi Anda yang membutuhkan silahkan sms/wa 082220833479

    BalasHapus