ASCII Art - Ayo! Buat ASCII Art Sederhana Karya Kamu Sendiri!

Assalamualaikum, hello guys, kali ini, saya akan kasih tau tentang cara membuat ASCII Art karya sendiri dengan sederhana. Tapi sebelum itu, kita harus tau dulu apa itu ASCII dan ASCII Art. Berikut penjelasannya.
Simple ASCII Art
ASCII

ASCII adalah kepanjangan dari American Standard Code or Information Interchange, atau dalam bahas Indonesianya yaitu Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi. ASCII merupakan suatu standar internasional untuk kode huruf, angka, maupun simbol (bersifat universal) yang digunakan di komputer dan alat komunikasi lainnya.

ASCII ART
Contoh Seni ASCII - Wikipedia,
ASCII Art (Seni ASCII) adalah suatu bentuk karya seni yang dibuat dari karakter-karakter ASCII. Karakter ASCII tersebut disusun sekreatif mungkin agar menyerupai bentuk atau tulisan tertentu. Seni ASCII ini adalah salah satu cara untuk menggambarkan sesuatu pada komputer-komputer awal karena pada saat itu printer tidak bisa mencetak grafis.

TRIK MEMBUAT ASCII ART SECARA MANUAL

Kamu bisa mengkreasikan seni ASCII buatanmu sendiri dengan cara manual di notepad maupun notepad++. Kamu bisa memulainya dengan membuat seni ASCII yang mudah dulu.

1. Buka Notepad atau Notepad++. (Bisa juga menggunakan software pengolah kata seperti Wordpad, Microsoft Word, dan lain-lain.)

Kamu bisa menggunakan notepad yang sudah ada di Windows maupun notepad++ yang software-nya harus di download dari sini dulu. Kalau saya sudah biasa menggunakan notepad++. Tetapi untuk hal ini sama aja kok guys.
ASCII script for CMD (Command Prompt) 

2. Kreasikan ASCII Art-mu menggunakan paduan karakter-karakter ASCII seperti `~!@#$%^&*()-_+=[{]}\|;:'"?/>.<, dan masih banyak lagi yang tidak terdapat di keyboard kamu. Suka-suka, mau buat yang bentuk hewan, benda, kartun, atau tulisan sesuai imajinasi kamu.

Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.
Ask me about my kids
Wolf
Cat's Lunch
Digigit Hiu
Kucing
osxdaily.com
AK47 Rifle
Walking Cat
Train
3. Save notepad kamu jika sudah jadi dengan ekstensi .txt di folder manapun.

Lanjutan!!!

Jika kamu ingin menampilkan ASCII Art buatanmu di CMD atau Command Prompt, kamu bisa buka notepad baru, paste scriptnya dari link ini, lalu ikuti langkah di bawah ini.

1. Ganti titlenya sesuai selera. Di situ sebagai contoh title-nya AMAR 07, kamu ganti aja, itu merupakan title yang tertera di titlebar cmd-nya nanti.
title (judul)
2. Ganti ASCII Art saya dengan yang buatan kamu sendiri. (Ini yang paling penting!!)
Change with your creation!!!
3. Save as dengan ekstensi file .BAT
save as with .bat extension file
4. Buka file .bat tersebut, lalu akan keluar jendela cmd seperti di bawah ini. Jika yang keluar warna putih teksnya, kamu bisa ketik color a di bawahnya dan warna teks akan berubah menjadi hijau.
Amar 07 batch file
TIPS MEMBUAT ASCII ART SECARA MANUAL

1. Jangan menggunakan tombol tab, gunakan tombol spasi untuk memberikan jeda antar-karakter ASCII art.

2. Gunakan font yang umum, seperti keluarga font Courier, Fixedsys, dan Monaco. Kenapa? karena font-font tersebut merupakan jenis font monospace, yaitu jenis font yang ukuran melintang huruf dan karakternya sama lebarnya secara horizontal.

3. Alangkah baiknya jika kamu membuat sketsa gambar atau tulisan di kertas sebelum membuatnya di komputer.

4. Kamu bisa memulainya dengan karakter ASCII yang umum digunakan, seperti tanda / \ | ( ) - _ dan lainnya yang terdapat di keyboard kamu.

5. Mulailah dengan membuat ASCII art yang sederhana dulu, jangan langsung yang susah.

6. Jika kamu menggunakan aplikasi / software pengolah kata seperti Microsoft Word, aktifkan mode overtype agar membuat proses integrasi antar karakter ASCII art lebih mudah dilakukan.

MEMBUAT ASCII ART DENGAN GENERATOR

Ini nih cara yang simple buat kamu yang ngga mau lelah untuk membuatnya secara manual.

1. Kamu bisa mengunjungi layanan online yang membantu memudahkan kamu membuat ASCII art, seperti link di bawah ini.

http://www.glassgiant.com/ascii/
http://ascii.mastervb.net
patorjk.com/software/taag

2. Kamu juga bisa download software generator-nya untuk membuat ASCII art dengan mudah, seperti software yang satu ini, namanya Ascgen2, bisa di-download dengan mengklik link ini. Saya sudah menggunakannya dan hasilnya seperti pada gambar di bawah ini nih guys.
Big Gulp - 7 Eleven
My Picture's ASCII Art
Cute Cat's ASCII Art
Sekian dulu dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga bermanfaat ya.
Wassalamualaikum.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "ASCII Art - Ayo! Buat ASCII Art Sederhana Karya Kamu Sendiri!"