Asal Usul Quiz Parampaa - Gak Greget Kalo Belom Main Game Yang Satu Ini!

Assalamualaikum, hello guys, kali ini saya akan memposting tentang game yang unik dan bikin greget, namanya Quiz Parampaa. Mungkin sudah banyak yang sudah tau game ini. Di sini saya posting supaya yang ngga tau bisa tau game flash ringan asal negara kita Indonesia ini.
Quiz Parampaa All Versions
Quiz Parampaa adalah game quiz ringan bikin greget dan bikin kesel buatan orang Indonesia yang namanya Ova, yang terinspirasi dari game The Impossible Quiz buatan Slapp-me-Do di DeviantArt. Game ini menuntut kecerdasan otak, logika, nalar dan IQ kita. Ngga harus orang pinter kok yang main game ini. ---hehehe----

Mainkan aja game ini, baru mulai level satu dijamin langsung bikin otak kalian berputar alias pusing tujuh keliling. Walau ngeselin begitu, game ini seru dan menantang abis loh! Bikin ngakak juga pas di bagian-bagian tertentu.

ASAL-USUL GAME

Pada awalnya, Parampaa adalah tokoh kartun 2 dimensi ciptaan Ova seperti emotikon senyum yang memiliki badan dan berwarna hijau dengan garis pinggir berwarna hitam. Nama parampaa sendiri itu berasal dari nama keponakan Ova yang memanggil Ova dengan sebutan mas Ova. Namun, karena keponakannya itu susah menyebutkan kata Mas Ova, akhirnya dia hanya bisa memanggil dengan sebutan Paempa atau Maempa. Dari situlah kemudian namanya dimodifikasi jadi Parampaa.

Membuat game adalah salah satu tugas Ova saat dia kuliah. Game ini dibuat Ova karena suatu hari dia iseng-iseng membongkar isi hardisk-nya, dan dia menemukan game yang pernah dibuatnya. Akhirnya Ova meneruskan membuat game tersebut, lalu menambahkan tokoh parampaa dan hal-hal yang menyebalkan lainnya.

Dalam pembuatan game ini, 1 soal / level rata-rata menghabiskan waktu 5-10 menit. Ova mengerjakannya dengan sesuka hati pada waktu-waktu senggang saja. Pembuatan Quiz Parampaa 1 memakan waktu 1 minggu dan setelah itu dia buat lagi versi yang ke-2 (Quiz Parampaa 2).

Sebenarnya Ova ngga berniat menyebar game yang menyebalkan ini karena suatu alasan. 

Alasan yang pertama, dia pikir ini bukan game original atau buatan dia sendiri. Itu karena game ini memang terinspirasi dari The Impossible Quiz buatan Slapp-me-Do alias Mr. Glen Rhodes. Banyak yang bilang Ova menjiplak, plagiat, ngikutin, bahkan membajak. Tetapi Ova sudah mendapat izin tertulis dari Mr Glen Rhodes untuk membuat versi lokal dari The Impossible Quiz.

Alasan yang kedua, Ova bikin game ini menggunakan Macromedia Flash 8 yang masih memakai Actionscript 2.0. Mungkin sudah ketinggalan zaman dibandingkan zaman sekarang yang sudah ada Actionscript 3.0 yang dikembangkan oleh Adobe yang membeli perusahaan Macromedia pada tahun 2005. Desain dan tampilan di dalamnya sangat sederhana, tanpa efek-efek menawan maupun efek 3D. Sound effect-nya pun dia download gratis dari situs-situs penyedia sfx seperti soundbible.com.

KENAPA BISA BOOMING!?

Mulanya Ova memainkan game itu sendiri dan merasa yang dia mainkan itu gak layak disebut sebagai game. Ova hanya menyebarkannya secara terbatas kepada orang-orang terdekatnya seperti saudara-saudaranya, juga disebar melalui facebook, milis, dan twitter-nya. Beberapa orang mengatakan game itu nyebelin / ngeselin. Namun, ternyata ada seseorang yang memposting dan menyebarkan link Quiz Parampaa di Kaskus. Siapa sih yang gak tau Kaskus? Itu loh, situs komunitas maya terbesar no.1 di Indonesia.

Akhirnya banyak orang yang berkunjung ke blog Ova yang kini sudah menjadi website resmi di www.mustova.com.

LINK DOWNLOAD GAME INI

- Quiz Parampaa 1 dari level 1 - 100
- Quiz Parampaa 2 dari level 101 - 200
- Quiz Parampaa 3 (kita semua)

Quiz Parampaa 1, 2, dan 3 bisa didownload dalam satu file .rar dengan mengklik link di bawah ini.
Ukurannya ringan kok, cuma 10.5 MB. Buruan download!

Quiz Parampaa Lengkap 1, 2, dan 3

Sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan.
Semoga bermanfaat ya.
Wassalamualaikum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Usul Quiz Parampaa - Gak Greget Kalo Belom Main Game Yang Satu Ini!"

Posting Komentar