Rafflesia Arnoldii Berbeda dengan Bunga Bangkai Lho!

Assalamu'alaikum, Hello guys, Kali ini saya akan menjelaskan perbedaan dan persamaan dari dua tumbuhan langka yang ada di Indonesia, yaitu Rafflesia Arnoldii dan bunga bangkai. Artikel ini saya buat semata-mata hanya supaya berguna untuk menambah pengetahuan kita. Artikel ini juga sebenarnya request dari teman sekelas saya.

Dulu waktu SD saya mengira bunga bangkai itu Rafflesia Arnoldii. Mungkin Rafflesia Arnoldii itu nama latinnya. Tapi ketika saya cari gambar 'bunga bangkai' di google, kok ada dua gambar yang bentuknya berbeda, tapi namanya sama. Akhirnya itu jadi pertanyaan bagi saya. Gambar yang satu bentuknya seperti bunga yang biasa digambar anak TK, tapi gambar yang satu lagi bentuknya tinggi memanjang ke atas. Kok saya jadi bingung ya. Lantas saya cari-cari di wikipedia, biar lebih akurat, saya baca yang bahasa inggris. Kan kalo di wikipedia penjelasannya secara umum, jadi saya berharap mudah mengerti penjelasannya.

Nih 2 gambar berbeda yang sering sama-sama disebut bunga bangkai.


Di bawah ini saya jelaskan apa itu rafflesia arnoldi dan apa itu bunga bangkai.

RAFFLESIA ARNOLDII

Rafflesia Arnodii
Rafflesia Arnoldii atau Padma Raksasa merupakan jenis tumbuhan parasit obligat atau parasit sejati (parasit yang sepenuhnya menggantungkan sumber energi pada tumbuhan inang) yang terkenal karena berbentuk seperti bunga berukuran besar, disebut-sebut sebagai bunga terbesar di dunia.

Rafflesia ini tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) dan tidak memiliki daun, jadi dia gak bisa melakukan fotosintesis. 

Tumbuhan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu dekat sungai Manna, desa Lubuk Tapi, kabupaten Bengkulu Selatan, provinsi Bengkulu, pulau Sumatera, negara Indonesia oleh seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang saat itu sedang melakukan ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.

Rafflesia termasuk salah satu spesies langka dan dilindungi karena saat ini terancam punah karena penggundulan hutan. Daerah konservasi (pelestarian) utama spesies ini ada di Taman Nasional Kerinci Seblat di daerah Bengkulu.

Yang unik dari Rafflesia Arnoldii adalah mengeluarkan bau busuk yang memikat lalat agar datang dan hinggap pada tumbuhan tersebut, sehingga dapat menyerbuki dan membuahi tumbuhan itu.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Rafflesiales
Family : Rafflesiaceae
Genus : Rafflesia
Spesies : Rafflesia Arnoldii

BUNGA BANGKAI
Amorphophalus Titanium
Tumbuhan ini juga disebut sebagai Suweg Raksasa atau Keribut, sedangkan nama latinnya adalah Amorphophallus Titanium, merupakan tumbuhan langka yang statusnya terancam punah dari suku talas-talasan (Araceae) yang endemik dari pulau Sumatera (Indonesia).

Tumbuhan ini juga dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia, meskipun ada kerabatnya Amophophallus Gigas yang juga endemik dari Sumatera, dapat menghasilkan bunga setinggi 5 meter.

Keribut sering disebut 'bunga bangkai' karena bunganya mengeluarkan bau bangkai yang membusuk, tujuannya untuk mengundang serangga sejenis lalat agar menyerbuki bunga itu.

Tumbuhan jenis Amorphophallus dapat dijumpai pada hutan hujan tropis di Taman Nasional Kayan Mentarang, Stasiun penelitian hutan tropis Lalut Birai, desa Long Alango, kabupaten Malinau, provinsi Kalimantan Utara.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Alismatales
Family : Araceae
Genus : Amorphophallus
Spesies : Amorphophallus Titanium

Mengapa bunga bangkai sering dianggap sama / dipertukarkan dengan padma raksasa? 

1. Mungkin karena sama-sama mengeluarkan bau bangkai busuk.
2. Mungkin karena sama-sama memiliki bunga yang berukuran raksasa.

Catatan :

Untuk dapat dikatakan endemik, suatu organisme harus ditemukan hanya di suatu tempat dan tidak ditemukan di tempat lain.

Jadi, setelah baca artikel ini, jangan sebut bunga bangkai dan Rafflesia itu sama aja ya, hehehe.

Demikian artikel ini saya buat, kurang lebihnya dan jika ada kesalahan mohon dimaafkan.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rafflesia Arnoldii Berbeda dengan Bunga Bangkai Lho!"

Posting Komentar