Inilah Dasar Yang Harus Diketahui Pemula Computer Programming!

Assalamu'alaikum semua, kali ini saya akan posting mengenai pemrograman komputer atau yang disebut dengan Computer Programming. Mungkin ketika Anda mendengar istilah programmer, Anda membayangkan tentang hacker, cracker dan sebagainya. Mungkin juga Anda membayangkan orang-orang yang membuat program dan menangani kode-kode komputer yang rumit.

Programmer sedang menangani kode-kode rumit

Programmer memiliki peranan sangat penting bagi dunia komputer. Tanpa programmer, kita gak bisa mengolah teks, mengedit foto, mengolah angka, membuat desain, atau menggunakan aplikasi yang memudahkan kita untuk melakukan sesuatu. Itu karena programmer lah yang merancang dan membuat sistem operasi maupun aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan kita dengan bahasa program yang mereka susun. Peranannya penting banget, kan? Bayangin aja kalo gak ada programmer, apa kita bisa memakai aplikasi hp/komputer untuk memudahkan sesuatu yang sedang kita lakukan?  Tentu saja tidak. Berikut penjelasannya.

DEFINISI PEMROGRAMAN

Kode program yang rumit

Pemrograman adalah proses menulis, menguji, dan memperbaiki (debug) serta memelihara kode-kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis menggunakan berbagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah atau instruksi yang dimasukkan ke komputer untuk melakukan tugas tertentu.

Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau pekerjaan sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

PROGRAMMER


Programmer
Programmer atau disebut juga sebagai 'pemrogram' adalah orang yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam membuat dan menyempurnakan suatu program yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Programmer melakukan penulisan & pengubahan kode atau script sehingga bisa membuat program. Oleh karena itu programmer di dalam melaksanakan setiap kegiatannya harus benar-benar teliti. Programmer membuat program di komputer untuk memajukan perkembangan teknologi dan membuat dunia teknologi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Pekerjaan programmer meliputi sebagai berikut.

1. Coding / Pengkodean
2. Kompilasi
3. Dokumentasi
4. Integrasi
5. Pemeliharaan
6. Persyaratan analisis
7. Software arsitektur
8. Software pengujian
9. Spesifikasi
10. Debugging

Berikut ini adalah beberapa nama programmer terkenal di dunia.


Beberapa programmer terkenal dunia
1. John Backus, ialah seorang programmer yang membuat dan mengembangkan bahasa pemrograman fortran, yang ditujukan untuk mempermudah pembuatan aplikasi matematika, ilmu pengetahuan, dan tehnik.

2. Richard Brodie, ialah seorang programmer pertama yang membuat dan mengembangkan Microsoft Word yang pernah kita pakai selama ini.

3. Vinton Cerf, ialah seorang programmer yang paling berpengaruh di internet, karena dia membuat protokol TCP/IP yang sekarang digunakan oleh ratusan juta pengguna internet.

4. Alan Cooper, ialah seorang programmer yang membuat bahasa pemrograman Visual Basic.

5. Bjarne Stroustrup, ialah seorang programmer yang membuat bahasa pemrograman C Plus.

6. Linus Torvalds, ialah programmer yang membuat sistem operasi (OS) Linux, sistem yang paling banyak digunakan oleh para programmer.

7. Brian Behlendorf, ialah seorang programmer yang membuat Apache Http Server.

PROSEDUR MEMBUAT PROGRAM

Sebelum membuat program dengan bahasa pemrograman, Anda perlu membuat prosedur pengodean program. Prosedur tersebut dikenal dengan istilah algoritma. Algoritma adalah prosedur langkah demi langkah untuk menyelesaikan masalah secara sistematis dan logis. Algoritma sendiri berasal dari kata 'al-khwarizmi' yaitu seorang matematikawan asal Persia. Algoritma dapat dianalogikan dengan Standard Operating Procedure (SOP) atau prosedur operasional standar. Sebagai contoh, inilah algoritma membuat nasi goreng yang dituangkan pada flowchart (diagram alir).

Prosedur Membuat Nasi Goreng - Flowchart
Apabila langkah pada algoritma gak logis, maka Anda gak bisa membuat nasi goreng dengan benar. Jika menggunakan komputer, berarti yang melaksanakan urutan algoritma adalah komputer itu sendiri. Itulah mengapa algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang bisa dimengerti komputer. Bentuk algoritma tersebut selanjutnya ditulis menggunakan bahasa pemrograman.

BERBAGAI JENIS BAHASA PEMROGRAMAN

Menurut tingkat kesulitan yang dipahami manusia, pemrograman dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu :

1. Low Level Language (Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah)

Bahasa yang ini disebut juga bahasa mesin, karena memiliki struktur bahasa yang sangat mekanis dan sulit dipahami oleh manusia. Bahasa tingkat rendah menggunakan kode biner yang dapat dimengerti oleh perangkat keras komputer. Kelebihan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu memiliki kemampuan yang sangat baik dalam pengaksesan perangkat keras. Contoh bahasa tingkat rendah yaitu assembly.

Assembly
2. Middle Level Language (Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah)

Aturan bahasa pemrograman tingkat menengah ini mendekati bahasa manusia. Walau begitu, bahasa ini memiliki kecepatan proses dan pengaksesan perangkat keras yang mirip dengan bahasa tingkat rendah. Contoh bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu Clipper, dan Pascal.

Pascal Programming Language

3. High Level Language (Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi)

Bahasa pemrograman ini lebih mendekati bahasa manusia, dan kebanyakan memiliki syntax menggunakan bahasa Inggris. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Visual Basic, Delphi, Foxpro, PHP, dan ASP.

Visual Basic Coding
PERANGKAT LUNAK PEMROGRAMAN

Bahasa Pemrograman ditulis menggunakan software khusus yang biasa disebut programming tool atau alat pemrograman, misalnya Delphi, Microsoft Visual Studio, atau C++ Builder.

1. Delphi, merupakan software pemrograman yang dibuat oleh perusahaan Code Gear, dan dijalankan pada OS (Operating System) Microsoft Windows. Delphi banyak digunakan untuk mengembangkan software-software yang berhubungan dengan basis data dan aplikasi web.

Delphi 7
2. Microsoft Visual Studio, software pemrograman yang didirikan oleh perusahaan Microsoft, digunakan untuk membangun antarmuka berbasis grafis (Graphic User Interface - GUI), aplikasi web, hingga membuat software sendiri. Microsoft Visual Studio memuat beberapa software, yaitu Visual Foxpro, Visual Basic, dan Visual C++.

Visual Basic
Sebenarnya masih banyak software-software yang digunakan untuk menulis bahasa pemrograman selain Delphi dan Visual Studio. Tapi postingan kali ini saya hanya bahas 2 saja, kurang lebihnya mohon maaf ya.

Semoga bermanfaat bagi kalian.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Inilah Dasar Yang Harus Diketahui Pemula Computer Programming!"