Fungsi Otak & Perbedaan Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan!

Assalamualaikum, hello guys, kali ini saya akan memberitahu kalian perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri yang kita miliki. Langsung saja penjelasannya di bawah ini ya.
Kiri atau Kanan? >< Logis atau Kreatif?
OTAK

Otak adalah salah satu organ yang berfungsi sebagai pusat sistem saraf terutama pada manusia. Otak merupakan pusat pengendalian seluruh tubuh manusia yang mengatur sebagian besar koordinasi gerakan, perilaku, keseimbangan tubuh, dan fungsi lainnya.

FUNGSI-FUNGSI OTAK
Fungsi Otak

1. Sebagai pusat pengendalian seluruh sistem organ dalam tubuh seperti sistem pernapasan, sistem peredaran darah, sistem pencernaan, dan sistem lain dalam tubuh.

2. Sebagai pusat sistem saraf yang mengatur seluruh tubuh, menyebabkan seseorang mampu menerjemahkan informasi semua rangsangan yang dirasakan oleh tubuhnya seperti sentuhan, tekanan, dan rasa sakit.

3. Sebagai pengatur kemampuan berpikir, berbicara dan mendengar.

4. Sebagai pusat keseimbangan, kegiatan sadar dan kemampuan bergerak (motorik) sehingga membuat seseorang mampu bergerak sesuai keinginan.

OTAK KIRI & OTAK KANAN
Kiri VS Kanan

Salah satu bagian otak adalah cerebrum atau biasa disebut otak besar. Otak besar adalah bagian otak yang memproses semua kegiatan intelektual seperti kemampuan berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan.

Otak besar terbagi menjadi 2 belahan, yaitu otak sebelah kiri dan otak sebelah kanan.

OTAK KIRI

Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berkaitan dengan logika, analisis, rasio, kemampuan menulis, membaca, matematika, dan percobaan ilmiah. Otak kiri juga merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).

Orang yang dominan otak kiri daripada otak kanan biasanya pandai melakukan analisa dan proses pemikiran logis, namun kurang pandai dalam hubungan sosial atau bergaul. Mereka juga cenderung memiliki organ seperti telinga, kaki, dan tangan bagian kanan yang lebih tajam daripada bagian kirinya.

OTAK KANAN

Otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ) seperti sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan sesama manusia, dan pengendalian emosi. Dalam otak bagian kanan terletak kemampuan intuisi*, kemampuan berkreasi seperti menyanyi, menari, melukis, dan kegiatan-kegiatan kreatif lainnya.

Orang yang dominan otak kanannya biasanya orang itu pandai bergaul namun mengalami kesulitan dalam belajar hal-hal yang teknis dan membutuhkan logika.

Catatan :

*) Kemampuan intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas, pemahaman terjadi secara tiba-tiba dan di luar kesadaran. Misalnya seseorang tiba-tiba terdorong untuk membuat sebuah kreasi. 

Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Otak & Perbedaan Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan!"

Posting Komentar